Sidebar ADS

MENGIKUTI DALIL SESUAI PEMAHAMAN SALAF

💐🌹 𝐊𝙧𝙖𝙢𝙖𝙩 𝐆𝙖𝙣𝙙𝙪𝙡 🌹💐
    ﷻبسم الله الرحمن الرحيمﷻ


Slogan Salafi Wahabi :" Mengikuti dalil sesuai dengan pemahaman salaf" mrupakan slogan yang membingungkan, inkonsistem serta rancau, dari slogan tersebut akan memunculkan banyak pertanyaan, misalnya :

👉 Apakah selama ini ilmu Fiqih yang 
ber Madzhab empat tidak sesuai dengan pemahaman salaf ? 

👉 Apakah "Qowa'id Ushul dan Qowa'id At-tafsir Ulama Ahlussunah tidak sesuai dengan Manhaj Salaf ? 

👉 Apakah Akidah As-Ariyyah dan Maturidiyyah yang memadukan antara tekstualitas dan rasionalitas tidak mengikuti Manhaj Salaf ? 

👉 Atau hanya Akidah Ibnu Taimiyah  saja yang sesuai dengan pemahaman Salaf ? 

👉 Ketika mereka di tanyai, apa yang dimaksud dengan Manhaj Salaf ? 

👉 Adakah batasan-batasan tertentu dalam memahami Manhaj Salaf ? 

👉 Adakah Ulama salaf membuat manhaj sendiri yang berbeda dengan Manhaj Ulama Ahlussunnah yang ada selama ini ? 

Bisa di pastikan mereka akan kebingungan menjawabnya, alih-alih menjawabnya, justru mereka akan berhujjah dengan beberapa contoh. Misalnya :
 " bahwa Maulid Nabi tidak ada di zaman Rosululloh SAW, tidak ada di zaman salaf, maka pelakunya tidak sesuai dengan Manhaj salaf dan yang ingkar adalah mereka yang bermanhaj salaf. Atau Hal kedua soal peringatan 'Isro mi'roj, tidak ditemukan pada periode salaf, begitu juga soal tahlilan tidak di temukan pada periode salaf.

🌟 Jadi orang-orang yang melakukan kegiatan tersebut tidaklah bermanhaj salaf dan yang meninggalkannya secara otomatis mengikuti manhaj salaf dan seterusnya tanpa bisa memberikan batasan dan kaidah-kaidah tafsir dan istinbath manhaj salaf secara jelas.

🌟 Seorang Ulama Salafi Wahabi memberikan penjelasan tentang manhaj salaf sebagai berikut :

1. Jika generasi salaf ijma ( konsensus ) dalam satu hal, maka tidak boleh menyelisihi ijma".

2. Jika generasi salaf berselisih pendapat tentang suatu hal, maka tidak boleh keluar dari pendapat para salaf, yaitu dengan membuat pendapat baru yang tidak ada pada mereka.

3. Dalam perkara kontemporer yang blom pernah dibahas oleh Ulama Salaf, maka tidak boleh keluar dari istidlal dan istinbath yang telah diterapkan para salaf.

🌟 Kaidah ini Sebenarnya adalah Kaidah yang telah di rumuskan oleh Ulama 'Ushul Fiqih Ahlussunnah Wal-Jama'ah' dan juga merupakan Kaidah Ulama Madzhab empat.

👉 Pertanyaan selanjutnya adalah, Mengapa mereka tidak mau mengikuti Ulama yang Bermazhab empat, yang jelas-jelas sudah sesuai dengan Kaidah yang mereka terapkan ? 

🌟 Jadi kesimpulannya, Salafi Wahabi tidak memiliki kaidah baku dalam mendefinisikan manhaj salaf versi mereka.!

🌟 Terdapat beberapa pertanyaan yang perlu dijawab oleh Salafi Wahabi yang menukil ucapan kalimat diatas.

Ulama Salaf dalam satu permasalahan, baik dalam bidang fiqih maupun Akidah mungkin saja berbeda pendapat atau sepakat ( ij'ma ). Jika mereka ij'ma maka ij'ma mereka adalah hujjah, dan bagi siapapun tidak boleh menyelisihi nya, karena Ulama Ahlussunnah Wal-Jama'ah telah bersepakat menjadikan ij'ma, Sebagai salah satu sumber hukum Islam

Jika terjadi perbedaan dikalangan Ulama salaf Ahlussunnah Wal-Jamaah maka kita boleh memilih dan mengikuti mereka dengan catatan pendapat mereka "mu-tabar" asalkan syarat dan rukunnya "taqlid atau ittiba'" telah terpenuhi.

👉 Pertanyaannya, apakah Salafi Wahabi memaknai "ittiba' salaf sebagai taqlid atau ittiba' ? 

👉 Apakah mereka ( Salafi Wahabi ) menggunakan kaidah mereka selama ini, yaitu mengikuti pendapat yang lebih sesuai dengan dalil ? 

👉 Atau mereka ( Salafi Wahabi ) juga akan mentarjih pendapat-pendapat salaf sebagaimana mereka ( Salafi Wahabi ) melakukanya terhadap "Aqwal" Ulama bermadzhab empat ? 

👉 Dengan metode bagaimna mereka 
( Salafi Wahabi ) mentarjih dan memilahnya ? 

👉 Kemudian, adakah bukti bahwa Ulama dari Generasi tabi'in, tabi'it- tabi'in atau Ulama-Ulama dari yang hidup setelahnya  juga mendaku sebagai pengikut manhaj salaf sebagaimana yang di dakwakan oleh Salafi Wahabi ?

🌟Jika tidak ditemukan, maka mereka 
( Salafi Wahabi ) telah membuat Bid'ah dalam agama Islam❗

Wallohu aklamu bimurodih...

Setajam2nya pisau lebih tajam perkataan dan umpatan yg menyayat hati ✨qsantri.eu.org✨ 

*┏━━❖•ஜ°🕌﷽🕌°ஜ•❖━━┓*
       *💚NAHDLATUL 'ULAMA💚*
 *┗━━❖•ஜ°🇮🇩NU🇮🇩°ஜ•❖━━┛*
✨mailnesia.com✨qsantri.com✨

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS