Sidebar ADS

BAALAWI MASIH MENCARI UBED MOYANGNYA

BAALAWI MASIH MENCARI UBED MOYANGNYA

BAlawi yang kita kenal di Indonesia dengan istilah Habib mengaku sebagai keturunan nabi Muhammad SAW melalui jalur Ahmad Bin Isa bin Muhammad an Nakir bin Ali al-uraibi Ja'far Shodiq bin Muhammad Al baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Fatimah Zahra bin Kanjeng Nabi Besar Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam.

*KLAIM NASAB BA'ALAWI* 

Ahmad Bin Isa ini titik poinnya dari sini yang diakui, Ahmad Bin Isa ini wafat 345 Hijriyah telah terkonfirmasi sebagai keturunan nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam melalui pelacakan kitab tahbibul anshab karya Al ubaidili yang wafat tahun 435 Hijriyah, sosok Ahmad Bin Isa ini lulus tes uji petik dari kitab Nasab,

"NASAB TERTOLAK"

kemudian menurut keluarga Ba'alawi  habib-habib yang ada di Indonesia 
Ahmad Bin Isa mempunyai anak bernama Ubaidillah, kemudian Ubaidillah ini mempunyai anak bernama Alwi.
"Alwi" inilah yang menurut keluarga ba'alawi adalah Luhur mereka, Alawi bin Ubaidillah bin Ahmad bin Isa bin Muhammad an nakhib Ali al uraidy bin Japar sodik, muhammad al bakhir bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Fatimah Bin Nabi besar muhammad shallallahu alaihi wasallam.
Ini nasab mereka, dan kita bisa lihat dari tokoh-tokoh mereka yang senang majang-majang nasab di media sosial, 

semuanya akan bermuara kepada seseorang yang bernama Alwi yang disebut sebagai anak Ubaidillah,
 Ubaidillah ini adalah Katanya anak Ahmad Bin Isa, Ahmad Bin Isa telah Shahih sebagai keturunan nabi selesai atau lulus uji petik dari kitab-kitab yang ada pada zamannya yang primer atau yang sekunder.
Tetapi? apakah betul seorang yang bernama Ahmad Bin Isa ini mempunyai anak bernama Ubaidillah, namun nasab ini tertolak!!

karena urutan nasab seperti ini baru muncul dalam kitab keluarga ba'alawi Setelah 550 tahun pasca wafatnya Ahmad Bin Isa, tadi kita kenal wafatnya 345 sedangkan kitab-kitab nasab yang paling dekat dengan masa hidupnya Ahmad Bin Isa yaitu kitab nasab yang ditulis di abad ke-5 tidak menyebutkan bahwa ahmad  bin isa tidak mempunyai anak bernama ubaidilah, mulai dari kitab abad ke-5 ke-6 ke -7 ke-8 tidak menyebutkan Ahmad Bin Isa mempunyai seorang anak yang namanya Ubed atau Ubaidillah.

kitab abad ke-5 sepakat tidak menyebutkan bahwa jadilah sebagai anak Ahmad Bin Isa.
namun masih ada kesempatan kitab-kitab Abad ke-5 tersebut masih membuka masuknya nama lain dari anak-anak Ahmad Bin Isa karena kalimat yang dipakai dipakai adalah Kalimat yang tidak menunjukkan makna terbatas atau haser menggunakan kalimat sebagian dari anaknya adalah Muhammad.
 kitab abad yang dapat terlacak ada dan sudah dicipta abad ke-5 dan 3 ini sepakat bahwa tidak ada anak Ahmad Bin Isa bernama Ubaidillah.

 kitab abad ke-6 as-Syajarah al-Mubarokah karya Imam Al-Fakhrurazi (w. 604 H) menyatakan : “Adapun Ahmad al-Abh maka anaknya yang berketurunan ada tiga: Muhammad Abu ja’far yang berada di kota Roy, Ali yang berada di Ramallah, dan Husain yang keturunanya ada di Naisaburi

Kitab al-Ashili fi Ansabittholibin karya Shofiyuddin Muhammad ibnu at-Thoqtoqi al-Hasani (w. 709 H) “Dan dari keturunan Ahmad bin Isa an-Naqib adalah al-Hasan bin Abi Sahal Ahmad bin Ali bin Abi Ja’far Muhammad bin Ahmad (Al-Ashili fi Ansabittholibin, at-Thoqtoqi, Tahqiq Sayid Mahdi Ar-Roja’I, h. 212).

Ketujuh, Kitab Umdatuttolib fi Ansabi Ali Abi Tholib karya Ibnu Anbah (w. 828) juga mengatakan : “Sebagian dari keturunan Muhammad an-Naqib adalah Ahmad al-Ataj bin Abi Muhammad al-Hasan ad-Dallal bin Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Isa al-Akbar.

Bersambung sampe ketemu mang ubed ...

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS