Sidebar ADS

BEDA ANTARA KHIDMAH DAN PENGABDIAN

BEDA ANTARA KHIDMAH DAN PENGABDIAN 

Khidmah itu soal pengabdian, sedangkan perjuangan (berjuang) itu soal kedudukan. Dalam berkhidmah tidak penting menempatkan posisi karena dimanapun asal bisa mengabdi/melayani itu sudah cukup, sekalipun ia bagian menjaga tempat parkir atau katakanlah bagian menata sandal para jama'ah. 

Tapi Dalam Perjuangan sebuah posisi dan kedudukan sangatlah penting karena dengan adanya posisi atau kedudukan akan menambah kewibawaan dan tidak diremehkan, contohlah jika punya jabatan orang akan tunduk padanya dan menaati perintahnya. 

Begitu pula soal perjuangan sebuah titel Alim, Sarjana, Doktor, Prof, Hafidz dan Kaya itu juga sangat menunjang kewibawaan dalam berjuang, apalagi bagi mereka yang masih belajar sangat dianjurkan untuk juga mempunyai sebuah hal-hal yang menunjang perjuangan agar tidak mudah diremehkan atau disepelekan. 

Dalam kitab khozinatul asror terdapat Maqolah : 
لا بد للعالم من مال و جاه لئلا يستهزأ الدين وصاحبه (خزينةالاسرار )

"Memang selayaknya, bagi orang berilmu pada zaman sekarang untuk mempunyai harta dan jabatan (gelar). Agar agama islam dan pemeluknya tidak diremehkan."

Senada dengan situasi akhir zaman kemuliaan seseorang dinilai dari hartanya; 

إِذا كان اخر الزمان كان قوام دين الناس ودنياهم الدراهم والدنانير

“Manakala zaman akhir telah tiba; maka ukuran agama dan dunia seseorang ditentukan dgn dirham dan dinar.” (HR. Imam Thabrani)

Wallohu aklamu bissowab...............

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS