Sidebar ADS

SAKRALNYA KATA NAMA WALISONGO

SAKRALNYA KATA NAMA WALISONGO

Wali Songo memiliki dua kata, wali dan songo. Menurut bahasa Arab, wali atau waliyullah memiliki arti Kekasih yakni kekasih allah swt

Sedangkan, menurut bahasa Jawa, kata songo memiliki arti sembilan.
Sehingga, apabila disatukan, arti keseluruhan dari Wali Songo adalah 9 orang yang dicintai oleh Allah SWT. 

Penamaan tersebut tentu saja disesuaikan dengan jumlah anggota Wali Songo yang berjumlah 9 orang wali.
Pencampuran nama dalam dua bahasa ini pun sesuai dengan lokasi di mana para wali ini melakukan misi penyebaran agama Islam itu sendiri, yaitu di area Jawa.

Umumnya, wali bergelar Sunan, atau suhu-nan dalam Bahasa Cina, yang memiliki arti “guru” atau “pujangga”. Selain itu, gelar tersebut dikenal sebagai suhun/susuhunan dalam Bahasa Jawa, yang memiliki arti “sangat hormat/dihormati”.

Sembilan tokoh wali tersebut adalah Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati.

Pada waktu para Sunan memulai untuk menyebarkan ajaran Islam di Jawa, wilayah Jawa merupakan area yang kental dengan budaya dan adat yang belum sepenuhnya lepas dari ajaran Hindu dan Buddha.

Dengan kondisi seperti itu, tentu akan sulit untuk para Sunan jika menggunakan cara yang to the point karena masih banyak masyarakat yang awam dengan ajaran Islam.
Oeh karena itu, para Sunan menggunakan trik perpaduan budaya.
Jadi, budaya yang masih masyarakat setempat pegang teguh itu mereka padukan dengan ajaran Islam. 

Wali Songo menggunakan cara seperti menyisipkan nilai-nilai welas asih kelembutan ajaran Islam pada keseharian, adat-istiadat, bahkan kesenian tradisional masyarakat setempat.

Beberapa contohnya adalah dengan menceritakan kisah para nabi dengan media wayang kulit, menciptakan gending bertemakan Islam dengan iringan gamelan, Solawatan untuk memuliakan serta bukti cinta kepada Nabi Muhammad saw serta puji-pujian syair keagamaan kepada Sang Pencipta Allah SWT.

Nah, cara tersebut terbukti sukses untuk menggaet masyarakat yang awalnya masih belum paham betul mengenai seluk-beluk Islam menjadi lebih terbuka terhadap ajaran Islam. 
Apalagi dengan cara tersebut hubungan para wali dengan masyarakat menjadi lebih cair dan akrab.

Melalui cara-cara tersebut, kita dapat belajar bahwa cara wali mengambil hati masyarakat melalui proses bertahap dan perlahan-lahan. 

Cara tersebut juga memberikan kesan anti menggurui dan lebih komunikatif tanpa harus menghilangkan seluruh nilai yang dipegang oleh masyarakat sekaligus menepis serta menghilangkan sistem kasta seperti sudra brahma dsbnya.

Selain daripada itu, hasil dari dakwah Islam para wali pun juga memberikan sejarah dan memperkaya budaya Jawa di Nusantara.
Selain mengajarkan Islam, para wali juga berperan dalam bidang lain, seperti sosial budaya, politik,keamanan serta ekonomi.

Bidang-bidang ini pun diselami dan diajarkan oleh para wali lintas generasi.
Sunguh jasa para beliau amat penting demi menyebarkan agama Islam dan nilai moral di Indonesia sejak abad ke-14, khususnya di Pulau Jawa.

Kami Sadar sebagai Trah dan keturunan Walisongo atas semua yang sudah di tanamkan sebarkan dan contohkan mesti kita pertahankan juga perjuangkan kembali supaya umat generasi era abad 21 ORA KEPATEN OBOR , yakni cahaya keilmuan kebijaksanaan adiluhung dan budi pekerti warisan walisongo supaya tidak terserabut dari akar sejarah bangsa Indonesia.

Bersama dengan para Ulama Kyai ajengan Gus putra raja keluarga sultan para pemangku adat tokoh agama juga seluruh elemen masyarakat beragama bersatu padu dalam wadah LASKAR SABILILAH KEBANGKITAN WALISONGO
Mengajak untuk menumbuh kembangkan jiwa nasionalis dalam mencintai tanah air.

Sebagai bagian dari proses pembangunan karakter bangsa, pemahaman nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari 4 konsensus dasar bangsa, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengembang qsantri.com 

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS