Sidebar ADS

AKURASI KITAB NASAB DAN CATATAN DNA

AKURASI KITAB NASAB DAN CATATAN DNA

Ahli Nasab mencatat nasab itu berdasar kesaksian, Apalagi jaman dulu juga ga ada dukcapil.  Coba cari buku Nasab apa dicatat  Ibunya siapa, Wali nikahnya siapa, Saksi Nikahnya siapa ? 
Naqibnya gak bakalan ngintip itu pasutri campur sampai pengantin wanitanya hamil, Mungkin naqib sekarang sudah bisa ngintip campurnya pasutri  pakai CCTV, biar ga ada keraguan bayinya bukan anak tetangga.

Makanya kalau ditanya akurasi catatan nasab, para naqib tidak bisa menjawab dengan bahasa matematis atau statistik.

Kalau test DNA, kalau pakai Sanger Sequencing dibilang akurasinya 99.8%; itu artinya akumulasi SNP yang kebaca itu dari seharusnya 1000 hanya kebaca 998.  Tapi 998 SNP ini sudah lebih dari cukup untuk menentukan nasab seseorang,  Jadi test DNA bisa memastikan seseorang itu memang hasil campur Bapak Ibunya, atau Ibunya dengan Tetangganya.

Jadi kalau seseorang punya SNP M201, P15, dan Y32613; ya sudah cukup menunjukkan ybsnya itu Bani Yuya. Ga perlu harus komplet 2200an SNPnya harus ditulis semua untuk menunjukkan dia bani Yuya.

Dan Bani Yuya ya ga bakalan ketukar sama Bani Sunan Gunung Jati. Lagian Yuya itu orang besar, berkerabat dengan beliau itu tidaklah memalukan.

Ahli nasab bisa alpha atau sengaja alpha, Kalau Tuhan jelas sempurna

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS