Sidebar ADS

TIGA MAKAM WALI ADA DI JAWA TENGAH

TIGA MAKAM WALI ADA DI JAWA TENGAH

Dari sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Nusantara yang akrab disebut Wali Songo, tiga wali di antaranya dimakamkan di wilayah Jawa Tengah. Berikut daftar lokasi makam ketiga wali dari sembilan Wali Songo yang ada di Jawa Tengah (Jateng).

Ada tiga dari sembilan Wali Songo yang dimakamkan di Jawa Tengah, yaitu Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Kalijaga. Adapun enam wali lainnya, lima di antaranya dimakamkan di Jawa Timur dan satu lagi dimakamkan di Jawa Barat.

Lima wali dari Wali Songo yang dimakamkan di Jawa Timur ialah Sunan Ampel atau Raden Rahmat (di Surabaya), Sunan Gresik atau Syekh Maulana Malik Ibrahim (di Gresik), Sunan Giri (di Gresik), Sunan Drajat (di Lamongan), dan Sunan Bonang (di Tuban).

Adapun satu wali dari Wali Songo yang dimakamkan di Jawa Barat ialah Sunan Gunung Jati (di Cirebon Utara).

Berikut daftar alamat tiga makam Wali Songo yang berada di wilayah Jawa Tengah:
.  1. Sunan Muria

Makam Sunan Muria di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Makam Sunan Muria berjarak sekitar 30 kilometer arah utara dari Kompleks Masjid Menara Kudus (KMMK).
     2. Sunan Kudus

Sunan Kudus atau Ja'far Shadiq dimakamkan di Masjid Menara Kudus yang terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Makam Sunan Kudus terdapat di tengah-tengah bangunan induk yang berbentuk joglo.

Di samping puluhan makam di kawasan itu terdapat pula makam putra Sunan Kudus, yaitu Pangeran Palembang.
     3. Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga terletak di tengah kompleks pemakaman Desa Ngadilangu yang dilingkari dinding dengan pintu gerbang makam. Area makam Sunan Kalijaga berada di dalam Kota Demak, berjarak sekitar 3 kilometer dari Masjid Agung Demak.

Waallahu Aklamu bissowaab.........
qsantri.com 

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS