Sidebar ADS

AWAL KEDATANGAN BA'ALAWI SUDAH BERMASALAH HINGGA BERMUKIM NASABNYA DIMASALAHKAN

AWAL KEDATANGAN BA'ALAWI SUDAH BERMASALAH HINGGA BERMUKIM NASABNYA DIMASALAHKAN 


Jika belakangan para penganut akidah kastanisasi rasis penyembah berhala nasab dihadapkan dengan polemik menyangkut nasabnya yang rungkad. Maka dulu pasca kolonialisme di Indonesia, klan ini menghadapi problem menyangkut identitas dan ideologinya.

Permasalahan meruncing dalam banyak hal. Bermula dari kesombongannya muncul polemik mengemis minta dikultuskan, rasisme dalam konsep kafa’ah, hingga meluas pada problem status “tanah air”.

Dalam berbagai literatur sejarah, nama Ahmad Surkati menjadi orang pertama di Nusantara yang menyulut api polemik tersebut. Ia merupakan tokoh reformis kelahiran Sudan yang pernah mengenyam pendidikan di Mesir, Madinah dan Mekah, yang juga mendirikan al-Irsyad. Memang pada masa tersebut, wacana pembaharuan Islam sedang bergejolak.

Kompleksitas masalah orang Arab di Indonesia ini bahkan turut mendatangkan komentar dari presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Dalam Surat-surat Islam dari Ende, Soekarno menyebut bahwa kalangan Hadrami merupakan potret dari kejumudan, kekolotan, bahkan kebodohan.

Jika dilihat dalam runutan historis, butuh perjuangan panjang dan kerja-kerja konsisten bagi mereka juga keturunannya untuk keluar dari kepungan gugatan kaum reformis, sekaligus bisa mendapatkan rekognisi (pengakuan) -bukan hanya sebagai “warga” Indonesia, tetapi juga sebagai otoritas tertinggi dibidang keagamaan.

Hari-hari sebelum tesis KH Imaduddin Utsman Al Bantani muncul, kerja para pendahulu klan penyembah berhala nasab di Indonesia berbuah manis. Haul-haulnya diperingati oleh puluhan ribu orang setiap tahun. Makam-makamnya didatangi oleh ratusan peziarah setiap hari. Wirid, maulid, dan zikir yang mereka perkenalkan menjadi amalan populer, namun saat ini mukibin-nya mulai pada lari darinya karena sudah tecerahkan serta sudah tahu bahwa sebutan mukibin adalah bahasa halus dari perbudakan spiritual yang membodohkan.

Hal-hal di atas memunculkan pertanyaan tersendiri dan menarik untuk ditelusuri, kerja semacam apa yang dilakukan oleh pendahulu klan penganut akidah kastanisasi rasis penyembah berhala nasab, yang bahkan sampai saat ini masih saja ada yang mengkultuskan mereka..??

❁ بارك الله فيكم أجمعين والله أعلمُ بالـصـواب ❁

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS