Sidebar ADS

MENGENAL PENDUDUK YAHUDI ASHKENAZI YANG BERADA DI HADRAMAUT YAMAN

MENGENAL PENDUDUK YAHUDI ASHKENAZI YANG BERADA DI HADRAMAUT YAMAN 

Orang Yahudi Tiba di Inggris bersama William I, Mungkin ada yang bertanya kapan dan bagaimana orang Yahudi Ashkenazi, yang biasanya kita kaitkan dengan Eropa Timur, bisa tiba di Inggris?

Jawabannya terletak pada Penaklukan Normandia pada tahun 1066. Dokumen-dokumen yang berasal dari periode ini menunjukkan bahwa William I membawa sejumlah besar orang Yahudi Ashkenazi dari Normandia di Prancis Utara dekat Wilayah Alsace Lorraine ke Inggris selama dan setelah penaklukannya atas negara tersebut. 
Menurut beberapa catatan, dia yakin orang-orang Yahudi diperlukan untuk menjadi bankir dan agen keuangan agar dia dapat melaksanakan program pembangunan pasca-Penaklukan yang ambisius. Umat Kristen, pada saat itu, tidak diperbolehkan melakukan riba, dan William mungkin sudah memiliki hubungan dengan komunitas besar Ashkenazi di Prancis Utara (lihat, misalnya, Golb 1998 ; Jacobs [1887] 1893 ; Samuel 2004 ) . 

Selama beberapa abad berikutnya, hal ini menyebabkan beberapa keluarga Yahudi menjadi pemilik tanah yang besar dan administrator pemerintahan, seringkali dengan gelar bangsawan ( Jacobs [1887] 1893 ). Beberapa bankir Yahudi—seperti Aaron dari Lincoln dan Licoricia dari Oxford—menjadi sangat kaya. Namun, sebagian besar orang Yahudi yang masuk memiliki berbagai pekerjaan dalam komunitas Inggris mereka sebagai dokter, tukang emas, perajin perak, penjual anggur, pedagang kain, dan penjual ikan. 

Mereka tinggal di berbagai wilayah di Inggris dan Wales, terkadang dalam komunitas berbeda yang menjalankan ritual mereka, namun sering kali berdampingan dengan populasi yang lebih luas ( Jacobs [1887] 1893 ). Orang Yahudi diizinkan bepergian dengan bebas melintasi Inggris dan Wales dan diberikan ''Piagam Kebebasan'' oleh Raja Henry I, yang berarti mereka dapat berlindung di kastil Raja mana pun jika mereka dalam bahaya (Jacobs [1887] 1893 ). 

Namun, beberapa bangsawan berpengaruh menjadi sangat berhutang budi kepada orang-orang Yahudi yang mereka pinjam dananya dan, karena tidak ingin membayar kembali pinjaman tersebut, mereka menekan Edward I untuk mencabut piagam Yahudi. Pada bulan Juli 1290, Edward I mengeluarkan Dekrit Pengusiran yang mewajibkan semua penganut Yahudi untuk “berangkat dari Inggris”. Diketahui bahwa banyak dari orang-orang Yahudi yang memiliki koneksi paling baik pada saat itu memilih untuk berpindah agama (setidaknya secara terbuka) menjadi Kristen, sambil tetap mempertahankan praktik Yahudi mereka di rumah ( Jacobs [1887] 1893 ). 

Dengan demikian, mereka menjadi apa yang sekarang disebut Yahudi-kripto ( Hordes 2005 ; Israel 2002 ; Kagan dan Dyer 2011 ; Kagan dan Morgan 2009 ). Hasil DNA silsilah yang kami laporkan mendokumentasikan bahwa orang-orang Yahudi kripto Inggris ini mungkin masih mempertahankan identitas leluhur mereka dan berimigrasi secara berkelompok ke New England pada awal tahun 1600-an. 

Hal ini berarti mempertahankan praktik Yahudi-kripto mereka selama jangka waktu 300 tahun, yang mungkin tampak tidak mungkin terjadi, namun saat ini terjadi di kalangan keluarga kolonial Hispanik di Amerika Serikat Bagian Barat Daya (lihat misalnya, Hordes 2005 ). 

Berikut ini saya tampilkan yahudi Ashkenazi foto yang sama persis dengan DNA para habeb yang ngaku keturunan nabi, tapi tidak terkonfirmasi alias bukan zuriah nabi. 

Artikel yahudi ashkenazi marga bin yahya dari ensklopedia yahudi:
https://www.jewishencyclopedia.com/articles/15051-yahya 

Artikel NU Online:
https://nu.or.id/sirah-nabawiyah/sejarah-bani-israil-3-12-klan-dan-diaspora-mereka-3hgtQ 

Masih ngaku keturunan nabi aja lo padahal yahudi, pantesan aja prilakunya sama, hobi disembah, DNA sama, tunkang klaimnya sama, tarianya sama, bahkan tradisi nikahnyapun sama. Yahudi tidak akan menikahkan putrinya jika tidak dengan selain pria yahudi, begitupula dengan pak habib, tidak akan menikahkan putrinya jika tidak dengan selain habib juga, tapi ngakunya aswaja bermazhab imam syafii.

Monggo ajam pesek silahakn jawab: Jawasil Mardut Imam Mezy Alvin Tanjung Bakul Pithik Muhammad Fadhil Buluh Perindu Murod Syukri Al Mardudin Indra Permana Bani Ntryman Zainal Arifin Ahmad Ikbal

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS