Sidebar ADS

NATIONAL BULDING KITA SANGAT BERMASALAH

NATIONAL BULDING KITA SANGAT BERMASALAH 

Benar apa yang dipredsiksikan oleh para Kiai bahwa pihak luar tidak berhenti melakukan penjarahan manuskrip atau naskah klasik Nusantara, sebab sejak zaman penjajah Belanda hingga saat ini pencurian itu terus berlangsung. Bahkan tidak hanya yang berada di kawasan Jawa, Madura, Malayu Riau dan Sumatera Utara serta Aceh dan Palembang, tetapi belakangan juga terdeteksi telah merambah ke Wilayah Kalaimantan dan Sulawesi. 

Pencurian ini sangat membahayakan kebudayaan Indonesia dan juga akan mengacaukan dunia akademik. Tidak menutup kemungkinan nama penulis maupun isi naskah tersebut diubah menjadi yang lain. Sebab hal itu telah lazim dilakuakn oleh mereka terhadap beberapa naskah dari manuskrip yang berasal dari Indonesia.

Jangan sampai karya sejarah yang sangat langka dan sangat berharga itu dibawa kabur ke negara lain, dijual oleh ahli warisnya dengan harga murah, karena tidak tahu kegunaannya dan mau digunakan untuk apa oleh pembelinya dan kita hanya bisa menonton kalau hendak memenggunakannya. Pemerintah tidak boleh beralasan tidak memiliki dana untuk menyelamatkan naskah atau manuskrip bersejarah itu.

Bila hal itu terus dilakukan maka keagungan peradaban bangsa ini akan merosot, ketika sumber-sumbernya telah dipotong, digelapkan  atau disembunyikan. Kalau bangsa lain begitu ketat menjaga agar orang kita tidak mudah masuk ke sana sebelum diinterogasi, kenapa para pencuri itu diberi visa dan bebas berkeliaran ke daerah pedalaman tanpa hambatan. Ini kelakuan inlander yang tidak punya harga diri...!!!!

Terjadinya demoralisasi bangsa ini terutama para pejabatnya telah menjadi mangsa empuk bagi para penjarah asing itu. Sementara untuk memperbaiki mental mereka juga susah karena pemuda kita sudah berpikiran pragmatis, yang penting untung soal identitas, karakter dan harga diri dikesampingkan. Ini berarti national bulding kita bermasalah

Kita berharap kepada semua pihak baik secara individu maupun secara kolektif organisasi kemasyarakan berfaham Islam nasionalis yang menghargai kebudayaan lokal diharapkan mampu menjadi penggerak kesadaran berbangsa ini.

 ❁ بارك الله فيكم أجمعين والله أعلمُ بالـصـواب ❁
https://www.qsantri.com/search/label/Quran

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS