Sidebar ADS

SANAD SYAIKH YASIN AL- FADANI YANG ASLI

INI SANAD SYAIKH YASIN AL - FADANI YANG ASLI. 

Kata Gus Rumail, sanad riwayat dari Hasan al-Allal dan Abul Qasim al-Naffat telah disebut oleh Musnid al-Dunya, Syekh Yasin al-Padani. Sanad apa yang dimaksud Gus Rumail? Mungkin ia berharap, para pembaca memahami bahwa Ubaidillah sudah disebut di sana.

Penulis beritahukan kepada pembaca, bahwa sanad dari Syekh Yasin al-Fadani itu tidak berarti apa-apa terhadap nasab Ba Alwi. Ia sama sekali tidak menyebut Ubaidillah. Ia hanya menyebut nama dua orang perawi bernama Abul Qasim al-Naffat dan al-Hasan bin Muhammad al-Alal, dan keduanya bukanlah leluhur Ba Alwi. Abul Qosim al-Naffat adalah keturunan asli Ahmad bin Isa yang terkonfirmasi kitab-kitab nasab sezaman. Ia tidak ada kaitan dengan Ba Alwi.

Dalam sanad palsu yang ditulis Gus Rumail, bahwa al-Alal mendapatkan hadits dari pamannya yang bernama Abdullah. Kalimat seperti itu tidak ada dalam kitab Syekh Yasin al-Fadani. Dalam kitab Syekh Yasin itu disebut al-Alal mendapatkan hadits yang tersambung kepada Sayidina Ali, sama sekali tidak ada al-Alal menyebut Abdullah sebagai pamannya. Kenapa? Karena memang al-Alal ini bukan ponakan Abdullah atau Ubaidillah. Ia tidak punya paman Abdullah atau Ubaidillah. Kakeknya hanya punya anak tiga: Muhammad, Ali dan Husain. Tidak ada anaknya bernama Ubaidillah ataupun Abdullah.

Kedua nama ini hanya mencangkok nasab Ahmad bin Isa. Jadid mencangkok nasab Ahmad bin Isa dengan nama Abdullah, lalu Ba Alwi mencangkok dari Abdullah ini dengan menggantinya menjadi Ubadillah. Ba Alwi ini mencangkok dari cangkokan.

Agar pembaca juga bisa meneliti di bawah ini keterangan dalam kitab al-Arbain karya Syekh Yasin al-Fadani halaman 70-71:

ورواه ابو القاسم النفاط في مسنده عن علي علي بن ابي طالب وعن الحسن بن علي والحسين بن علي ورواه الحسن بن محمد العلال العراقي في مسندة عن علي

Lihat sanad ini dengan teliti, apakah di dalamnya ada nama ubaidillah atau Abdullah? Tidak ada!

Katanya Gus Rumail akan segera mengirimkan jawaban untuk dua belas pertanyaan penulis. Jika benar dan telah sampai, insya Allah, jawaban Gus Rumail poin per poin akan penulis ulas dalam tulisan sebelum kemudian diadakan diskusi.

   ❁ بارك الله فيكم أجمعين والله أعلمُ بالـصـواب ❁
Penulis : KH Imaduddin Utsman al Bantani

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS