Sidebar ADS

MENELISIK NASAB MARGA BAALAWI YAMAN

MENELISIK NASAB MARGA BAALAWI YAMAN

Klan Ba‟alwi yang berasal dari Tarim, Hadramaut, Yaman, mengaku sebagai 
keturunan Nabi Muhammad Saw. melalui jalur Ahmad bin „Isa bin Muhammad alNaqib bin „Ali al-„Uraidi bin Ja‟far al-Sadiq bin Muhmmad al-Baqir bin „Ali Zainal „Abidin bin Husain bin Fatimah binti Muhammad Saw.. 

Untuk klaimnya tersebut, mereka menulis banyak kitab-kitab mulai dari abad sembilan Hijriah. Dalam kitabkitab tersebut mereka berupaya untuk menyambungkan leluhur mereka yang 
bernama „Ubaidillah dengan silsilah genealogi keluarga Nabi Muhammad Saw. melalui klaim bahwa Ubaidillah adalah salah satu anak dari Ahmad bin „Isa.

Tidak hanya itu, mereka juga membuat sejarah ketokohan dari „Ubaidillah dan silsilahnya ke bawah dengan cerita-cerita sejarah yang luar biasa. Sayangnya, klaim itu penuh dengan intrik-intrik dan skandal ilmiyah yang miskin dari sumber-sumber yang bisa dipertanggungjawabkan. Tulisan ini akan membuktikan bahwa berbagai klaim itu tidak mempunyai landasan historis dari sumber-sumber sezaman atau yang mendekatinya, bahkan tertolak secara ilmiyah. Berita-berita yang terdapat dalam sumber-sumber internal Ba‟alwi tentang Hijrah (pindah) nya Ahmad bin „Isa, misalnya, tidak menyertakan sumber primer, bahkan, nampak dipaksakan dengan 
menyematkan gelar di belakang nama Ahmad dengan Al-muhajir (yang berpindah). 
Sumber-sumber eksternal yang yang lebih dekat masanya dengan Ahmad bin „Isa, bahkan memberitakan posisi Ahmad bin „Isa berada di sebuah desa di Madinah yang bernama “Surya”. 

Nama-nama lain dari silsilah Ba‟alwi-pun luput dari reportase para penulis nasab Nabi Muhammad Saw. dan luput dari historiografi para sejarawan sezaman dan setempat. 
Yang lebih mencengangkan, dalam 
historiografi internal Ba‟alwi, terbukti adanya pencurian gelar seorang tokoh 
historis di Mirbat yang kemudian diberikan untuk seseorang yang berada dalam silsilah genealogi Ba‟alwi. 

Khusus tentang klaim Ba‟alwi sebagai keturunan Nabi, beberapa ulama telah menolak klaim itu, misalnya Ahmad bin Sulaiman Abu Bakrah al-Turbani, Murad Syukri Suwaidan, Syekh Muqbil al-Wada‟i dan „Ali alTantawi. Tulisan ini akan menampilkan sesuatu yang penting yang luput dari narasi para ulama sebelumnya yang membatalkan nasab Ba‟alwi.


❁ بارك الله فيكم أجمعين والله أعلمُ بالـصـواب ❁
     web.facebook.com/qsantri.eu.org

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS