Sidebar ADS

SEJARAH MENGUNGKAP JIKA AHMAD BIN ISA TIDAK PERNAH HIJRAH KE HADRAMAUT‼️

SEJARAH MENGUNGKAP JIKA AHMAD BIN ISA TIDAK PERNAH HIJRAH KE HADRAMAUT  

Ba’alwi mengklaim genelaoginya tersambung kepada Nabi Muhammad 
Saw. melalui Ahmad bin Isa. Ahmad bin Isa telah terkonfirmasi kitab-kitab nasab sebagai keturunan Nabi dari jalur Ali al-Uraidi (w.210 H.). untuk keperluan sebuah kesimpulan bahwa Ahmad bin Isa mempunyai keturunan di Hadramaut, maka diperlukan adanya kenyataan bahwa Ahmad bin Isa, atau salah satu keturunannya, hijrah ke sana, sayangnya, kitab-kitab nasab dan sezarah sezaman atau yang paling dekat masanya dengan Ahmad bin Isa, tidak ada satupun yang mengkonfirmasi bahwa Ahmad bin Isa pernah ke Hadramaut, apalagi hijrah untuk menetap di sana. 

penulis kalangan Ba’alwi di abad sembilan Hijriah menulis bahwa Ahmad bin Isa dan Ubaidillah berpindah ke Hadramaut pada tahun 317 Hijriah. Yang demikian itu seperti kita bisa baca dalam kitab mereka: "Al-Burqat al-Musyiqah Fi Dikri Libas al-Hirqah al-Aniqah" (selanjutnya disebut Al-Burqoh) karya Ali bin Abu Bakar al-
Sakran (w.895 H.) dan Al-Jauhar al-Shafaf karya Al-Khatib (w.885 H.). 

untuk kitab yang terakhir disebutkan, Al-Jauhar al-Safaf, penulis memandang bahwa kitab ini kitab problematik, karena ditulis oleh seseorang yang sama sekali tidak dikenal oleh para penulis sejarah Hadramaut. Tidak ada seorang ulama di Tarim yang bernama Al-Khatib yang wafat seperti tahun yang tertera itu, 885 Hijriah.Maka sebaiknya kitab Al-jauhar al-Safaf itu diabaikan sebagai rujukan.
Ali bin Abu Bakar al-Sakran, kita anggap sebagai orang yang pertama secara formal menulis bahwa Ahmad bin Isa hijrah dari Basrah ke Hadramaut. 

Menurut Ali al-Sakran, Ahmad bin Isa hijrah dari Basrah tidak langsung ke 
Hadramaut, tetapi ia pertamakali menuju Madinah lalu ke Makkah lalu ke 
kampung-kampung di Yaman, baru setelah itu menuju Hadramaut.14 Ali al-Sakran tidak menulis tahun berapa peristiwa hijrahnya Ahmad bin Isa itu terjadi, kitab yang pertamakali menyebutkan hijrahnya Ahmad bin Isa lengkap dengan tahunnya adalah kitab Gurar al-Baha’ al-Dawiy wa Durar al-Jamal al-Badil al-Bahiy (selanjutnya disebut Al-Gurar) karya Muhammad bin Ali bin Alwi Khirid Ba’alwi. 

Menurut Khirid, Ahmad bin Isa hijrah dari Basrah ke Hadramaut pada tahun 317 
H.15 dengan demikian kita mengetahui adanya cerita bahwa Ahmad bin Isa itu
hijrah ke Hadramaut pada tahun tersebut, setelah 578 tahun peristiwa itu diasumsikan terjadi.

Akan banyak pertanyaan dibenak para peneliti, dari mana Ali al-Sakran dan Khirid mengetahui peristiwa hijrahnya Ahmad bin Isa dan tahunnya tersebut 
tanpa ada menyebutkan sumber-sumber sama sekali, padahal peristiwa itu Dalam literasi karya-karya Ba Alawi, Abdurrahman al-Khatib disebut wafat tahun 855 H. Ia murid Abdurrahman bin Muhammad Maula Dawilah (w. 819 H.), kakek pendiri nasab Ba Alawi, Ali bin Abu Bakar al-Sakran. Al-Khatib, katanya, menulis kitab bernama AlJauhar al-Shafaf. 

Kitab itu berisi tentang keramat-keramat para wali di Tarim. Didalamnya adalah  juga tersebut silsilah Ba Alawi. Tetapi, ketika ditelusuri dalam kitab-kitab biografi ulama, nama Abdurrahman al-Khatib dengan sejarah dan masa hidup seperti dalam literasi Ba’alwi itu majhul (tidak dikenal). Tetapi ada nama yang sama yang terdetekasi, dengan 
ayah dan kitab yang sama. Ia adalah Abdurrahman bin Muhammad bin Abdurrahman yang wafat tahun 724 H. ia disebut dalam kitab-kitab biografi para ulama seperti Mu’jam alMuallifin karya Umar Rido Kahhalah, Hadiyyat al-Arifin karya Ismail Basya al-Babani . 

kedua kitab itu sepakat bahwa Abdurrahman bin Muhammad bin Abdurrahman ini wafat pada tahun 724 H. bukan 855 H. ia mempunyai kitab bernama Al-Jauhar al-Shafaf. Bedanya dengan literasi Ba Alawi, ia tidak bergelar al-Khatib.
--------------------------------------------------------------

N/b : Lihat Ali bin Abu Bakar al-Sakran, Al-Burqat al-Musiqat, (Matba’ah Ali bin 
Abdurrahman bin Sahl Jamalullail Ba’alwi, Mesir, 1347 H.) h. 131

Muhammad bin Ali bin Alwi Khirid, Gurar al-Baha’ al-Dawiy wa Durar al-Jama>l alBadi>’I al-Bahiy, (T.pn. T.tp., 1405 H.) h.6

10.Sayid Komunis yang Diburu Tentara Baret Merah, dalam Tirto.id. ( https://tirto.id/chz3)

11.Sayid Komunis yang Diburu Tentara Baret Merah, dalam Tirto.id. (https://tirto.id/chz3)

12.Tahun wafat yang penulis sebutkan tersebut penulis ambil dari sebuah artikel yang berjudul ‚Inilah Silsilah Habib Rizieq Shihab. Keturunan Ke-38 Nabi Muhammad?‛ 
(https://artikel.rumah123.com/inilah-silsilah-habib-rizieq-shihab-keturunan-ke-38-nabimuhammad-124800). 

Angka tahun versi Ba’lawi penting ditampilkan untuk mengukur konsistensi dan keakuratan data mereka untuk dikomparasi data dari sumber lengkap.

❁ بارك الله فيكم أجمعين والله أعلمُ بالـصـواب ❁
     web.facebook.com/qsantri.eu.org
bersambung...........

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS