Sidebar ADS

KITAB-KITAB LAWAS PENINGGALAN ALMARHUM KH.MUNAWWUR IRSYAD KARANGANYAR DEMAK YANG TERKENA BANJIR

KITAB-KITAB LAWAS PENINGGALAN ALMARHUM KH.MUNAWWUR IRSYAD KARANGANYAR DEMAK YANG TERKENA BANJIR 

Kata putri beliau, Mbak Uswatun Faizah, "Hari Ahad sudah saya pilih-pilihi dan saya rapikan. Nanti kalau Mas Nanal datang biar dibawa aja. Biar dimanfaatkan. Eh, kok hari Kamisnya tamu tak diundang datang. Banjirnya sampai merobohkan lemari kitab."

Mbak Uswatun menukil dawuh abahnya dulu semasa hidup, "yang ada di lemari kitab ini kitab-kitabku, kitab orang tua dan leluhur. Saya campur jadikan satu."

Ala kulli hal, Qaddarallahu wa Maa Syaa'a Fa'al.

KH. Munawwir Irsyad adalah sesepuh desa Karanganyar Demak sepeninggal ayahnya, KH. Mukrim, sekitar tahun 70an. Beliau wafat tahun 2010. Saya ingat betul, dulu yang memberangkatkan jenazah beliau adalah guru saya, KH. Ma'ruf Irsyad, pengasuh Pondok Jagalan Kudus.

Secara nasab beliau adalah cucu pengasuh PP. Damaran Kudus. Urutannya adalah KH. Munawwir Irsyad bin Nyai Raden Maskinah binti KH. Ma'shum bin KH. Sholeh bin KHR. Asnawi Sepuh.

Jika diurutkan beliau masih paman KH. A. M. Sahal Mahfudz Kajen. Bahkan dulu Mbah Sahal sering silaturrahim ke rumah KH. Munawwir Irsyad. Begitu pula sebaliknya. (Ngapunten, Ning Tutik N. Janah . Barangkali panjenengan pernah nderekke Mbah Sahal ke Karanganyar, dalem badhe nyuwun kisah-kisahnya).

Hari ini semua kitab peninggalan KH. Munawwir Irsyad diberikan kepada saya. Insya Allah saya akan mencoba merapikan kembali, meski tak bisa seperti sedia kala. Semoga saja masih bisa dimanfaatkan.

❄️بارك الله فيكم أجمعين والله أعلمُ بالـصـواب❄️  web.facebook.com/qsantri.eu.org?apps.apple

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Sidebar ADS
Sidebar ADS
Sidebar ADS